Tahap Pengerjaan Pada Epoxy Lantai

Pengecatan epoxy lantai biasanya dikerjakan pada lantai beton supaya lantai bisa tahan pada air, tanah, dan berbagai bahan kimia lainnya. Tidak hanya sebagai pelindung, cat epoxy juga berfungsi untuk menghasilkan kesan mengkilap pada lantai, sehingga membuatlantai semakin tampak lebih bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa tingkatan proses pengerjaan pada epoxy lantai yang harus dilakukan.

Tahap Pengerjaan Pada Epoxy Lantai

Tahap 1: Proses Grinding

Tahap yang pertama merupakan proses grinding. Proses grinding ini merupakan proses pembukaan pori-pori lantai atau pengupasan cat epoxy lantai yang lama. Hal ini dilakukan supaya lapisan cat lebih mudah terserap. Tidak hanya itu, dengan membuka pori-pori lantai, membuat noda bekas minyak maupun debu yang sudah lama tertumpuk dan mengeras dapat terbuang juga.

Dalam tahap ini, tidak direkomendasikan untuk melaksanakan grinding dengan Hcl, karena bisa menyebabkan lantai beton menjadi rapuh dikarenakan korosi yang dimunculkan zat asam dalam kandungannya.

Simak Juga: Harga Epoxy Lantai

Tahap 2: Proses Premier

Sesudah proses grinding dengan pengupasan cat epoxy yang lama, maka selanjutnya bisa dilakukan proses premier. Tahap premier tidak jarang juga disebut sebagai under coat process atau tahap pelapisan pondasi awal, yang merupakan lapisan cat pertama yang dipakai pada lantai beton. Tahap premier ini bertujuan untuk memasukkan lapisan cat ke dalam pori-pori lantai dan menempelkan antara cat epoxy lantai dengan lantai beton.

Lem antara epoxy dengan lantai beton ini terdiri dari dua bagian, yakni cat epoxy lantai dengan floor hardener yang difungsikan untuk memperkuat permukaan lantai beton kepada gesekan. Selain itu, dalam proses premier juga dapat ditambahkan pemberian warna supaya terlihat lebih baik dan menarik, dan pemasangan epoxy mortar sebagai anti bocor.

Tahap 3: Proses Body Coat

Body coat merupakan metode pendempulan pada tahap pengerjaan epoxy lantai yang terdiri dari dua bagian, yakni epoxy dan polyamed, ditambah dengan talk atau silica sand yang berfungsi menutup lubang-lubang kecil dan keretakan pada lantai beton atau dinding. Pendempulan diterapkan dengan scrap atau raskam.

Tahap 4: Proses Top Coat

Sesudah body coat diterapkan pada lantai menggunakan raskam, kemudian diratakan dengan spek rool sisir bergigi, maka selanjutnya bisa dilakukan pelaksanaan finishing. Tahap akhir ini dikerjakan dengan melapisi lantai menggunakan Top Coat, yang berfungsi untuk mendapatkan  ketebalan epoxy yang sesuai dengan yang diharapkan. Top coat dipakai dengan roller, semprot, atau kuas. Untuk pengerjaan epoxy coating memerlukan waktu pengeringan sampai kering total selama kurang lebih delapan jam sampai 16 jam.

Cek juga: Harga Epoxy

Pengecatan epoxy akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan lantai yang akan dilapisi cat epoxy mempunyai daya sekitar 225 kg/cm2, seperti beton dan skema tulangan juga harus dirancang oleh para ahli struktur.
2. Lantai yang kuat harus bisa menerima tekanan muatan yang berat, tanpa terjadinya dampak tertentu pada lantai.
3. Lantai baru dapat dilapisi cat epoxy apabila telah berumur 28 hari sesudah pembuatan, dan mempunyai jumlah kelembaban tidak lebih dari 80 persen RH saat akan memulai proses penerapannya.
4. Untuk lantai dengan situasi langsung di atas tanah, maka akan sangat disarankan untuk dilapisi terlebih dahulu oleh sebuah lapisan anti uap air atau water vapour barrier.
5. Pengecoran lantai juga harus melewati proses perataan terlebih dahulu dengan menggunakan berbagai peralatan yang memadai. Tidak hanya pemerataan, ketinggiannya juga harus dilihat menggunakan alat ukur yang bagus, sehingga semuanya sesuai dengan denah perancangan awal.
6. Lantai harus mempunyai permukaan yang halus, tidak mempunyai gelombang, serta tidak kasar.
7. Cobalah untuk membersihkan kotoran lantai, seperti minyak, oli, maupun pasta, dengan menggunakan cairan sabun dan air.
8. Sesudah melewati proses tersebut di atas, maka lantai harus dikeringkan terlebih dulu selama dua hari, sebelum dilapisi oleh cat epoxy.
9. Pastikan juga bahwa beton terbebas dari debu.
10. Untuk memulai proses epoxy lantai dapat menggunakan epoxy primer terlebih dahulu dengan menggunakan roller maupun disemprot dengan menggunakan tekanan udara.

Epoxy lantai juga memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Mempunyai ketahanan terhadap bahan kimia yang benar-benar baik
  • Mempunyai adhesi atau kemampuan untuk menempel dengan lebih kuat
  • Mempunyai ketahanan panas yang baik
  • Mempunyai daya tahan yang benar-benar baik kepada beban berat
  • Mempunyai porositas yang rendah, sehingga noda tidak mudah menyerap pada permukaan cat lantai tersebut
  • Mempunyai ikatan yang kuat, sehingga tidak mudah terjadi keretakan keculai adanya benturan atau guncangan pada permukaan lantai atau beton
  • Bisa diaplikasikan untuk electrostatic painting atau anti static epoxy flooring
  • Mudah diaplikasikan baik dengan kuas, roll atau menggunakan trowel

Kunjungi Juga: Jasa Epoxy Lantai