Inilah Kekeliruan dalam Menyiapkan Dana Pengajaran

Sekolah Internasional di Jakarta – Pengajaran ialah hal yang betul-betul penting dalam siklus kehidupan seseorang, termasuk tentu saja bagi kau. Oleh sebab itu, kau mesti mempersiapkan dana pengajaran sematang mungkin, sehingga sasaran dan cita-cita kau dapat tercapai.

Sebagai orang tua, mempersiapkan pengajaran si kecil dengan matang betul-betul penting. Ketika keperluan pengajaran si kecil datang, sebagai orang tua kau pasti akan berupaya sekuat kekuatan memenuhinya. Amit, amit, jangan hingga masa depan si kecil kelam sebab kurangnya tarif pengajaran.

Apalagi tarif pengajaran semakin mahal. Inflasi sudah menunjang kenaikan tarif pengajaran di Indonesia rata-rata sebesar 15%-20% setiap tahun. Walau demikian itu terbukti masih banyak orang tua yang belum menyadari pentingnya merencanakan dan mempersiapkan dana pengajaran semenjak dini.

Supaya keperluan dana pengajaran si kecil tak memberatkan kau di masa depan, perlu persiapan dan janji. Inilah sejumlah kekeliruan yang dapat terjadi dikala kau mempersiapkan dana pengajaran si kecil.

Sebagai orang tua, sekolah cambridge curriculum kau mesti mempunyai ilustrasi akan dimanakah sekolah si kecil, apakah akan di sekolah negeri atau sekolah swasta? Apakah cukup di dalam negeri atau perlu ke luar negeri? Bila kemudian sekolah negeri menjadi tujuan, karenanya tarif pengajaran yang mesti kau persiapkan tak akan sebesar tarif pengajaran di sekolah swasta.

Tetapi jangan salah juga, untuk tingkat pengajaran tinggi kuliah di universitas negeri dan universitas swasta dikala ini sama-sama mahalnya. Lihat saja hasil perhitungan tarif kuliah per semester yang dilaksanakan untuk 5 hingga 10 tahun akan datang.

Perhitungan itu dengan asumsi ada kenaikan tarif kuliah sebesar 15%, tanpa menghitungkan tarif akomodasi seperti makan, kost, termasuk juga uang saku dan uang buku. Tak salah sekiranya kemudian banyak kasus para orang tua yang mesti meminjam ke tetangga, memasarkan aset, maupun mencari pinjaman ke bank dan koperasi untuk membiayai kuliah di si kecil.

Kenaikan tarif pengajaran di Indonesia cukup tinggi, antara 15% hingga 20% per tahun. Oleh sebab itu jangan dikesampingkan. Dengan menghitung kenaikan tarif pengajaran, karenanya kau dapat mempertimbangkan investasi apa yang pantas untuk mengejarnya.

Bila cuma menabung, karenanya bunga yang kau bisa tak akan cukup untuk mengejar tingkat kenaikan tarif pengajaran hal yang demikian. Deposito dengan imbal hasil yang cuma 5%-6% juga tak akan cukup, oleh sebab itu dibutuhkan bauran investasi bagus di reksa dana, emas, atau dapat juga ke properti. Walau tak dapat mengejar kenaikan hal yang demikian, setidaknya selisihnya tak terlalu lebar.

Bila pengajaran luar negeri yang mau kau raih, karenanya kau juga perlu memperhitungkan kurs rupiah dengan mata uang negara hal yang demikian. Orang tua juga perlu menetapkan kenaikan tarif hidup dan kenaikan tarif pengajaran di negara tujuan sekolah. Pertimbangkan juga sekiranya kau mempunyai si kecil lebih dari satu.

Sekiranya kau tak rutin menyisihkan pendapatan untuk dana pengajaran per bulan, karenanya agenda yang kau siapkan untuk dana pengajaran cuma agenda di atas kertas saja. Oleh sebab itu perlu janji dari kau untuk terus berinvestasi pada daerah yang ideal.

Ingat bahwa persiapan tarif pengajaran senantiasa dilandaskan asumsi-asumsi, sehingga dapat jadi uang yang kau sisihkan berlebih atau kurang untuk membiayai pengajaran si kecil. Yuk, mulai dari kini!