Apa Saja Sih Oleh-Oleh Khas Israel, Mesir, dan Yordania?

Seringkali kita mendengar seputar Holyland Tour atau Ziarah umat Kristiani ke Tanah Perjanjian. Holyland Tour kental dengan tiga negara tujuan utama ziarah yaitu, Mesir, Israel dan Yordania. Bagi anda yang baru pertama kali ke Holyland tentunya kebingungan dalam melakukan persiapan selama tour, salah satunya yaitu persiapan dalam hal berbelanja. Supaya Anda bisa lebih bijak dalam berbelanja, berikut kami jabarkan beberapa oleh-oleh atau sovenir yang bisa Anda beli selama perjalanan ziarah Holyland.

1. Oleh-Oleh & Souvenir Khas Mesir

Mesir familiar sebagai Negara dengan sejarah panjang dan salah satu pusat kemajuan pada jaman dulu. Salah satu kemajuan kuno Mesir yang paling familiar yaitu pengawetan jenazah atau dikenal dengan Mumi.

Ada empat macam oleh-oleh khas Mesir yang bisa dibawa pulang ke Tanah Air:

  • Papyrus: Papyrus yakni macam kertas pertama di dunia yang ditemukan oleh bangsa Mesir kuno kira-kira tahun 4000 SM. Anda bisa membeli lukisan kertas papyrus dengan harga bervariasi tergantung besar dan jenis lukisan. Untuk 1 lukisan dari kertas papyrus umumnya dihargai dari kisaran USD 30 – USD 2000 per lukisan.
  • Bebauan Terapi: Bangsa Mesir Kuno secara turun temurun memakai wangi-wangian terapi sebagai sarana pengobatan, dan wangi-wangian. Saran wangi-wangian terapi yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh yaitu Minyak Narwastu, Myrh dan Minyak Almond. Apakah Anda ingat seorang yang bernama Cleopatra? Yup, Cleopatra dipercaya memakai ramuan minyak kecantikan dari Mesir kuni dan hingga kini nama Cleopatra dipakai sebagai istilah standar kecantikan seseorang.
  • Coklat Kurma: Seperti negara-negara timur tengah lainnya, salah satu oleh-oleh mesti Mesir yakni Coklat Kurma. Supaya lebih awet, coklat kurma sebaiknya dimasukan ke dalam kulkas sesudah tiba di Indonesia.
  • Kain Katun Mesir (Egyptian Cotton): Selama tiga abad terakhir, kapas Mesir sudah menang sebagai salah satu keunggulan kompetitif terbesar Mesir. Dengan reputasi yang mapan sebagai kapas “terbaik” di dunia, kelembutan, daya tahan, dan karakteristiknya yang unggul, sudah memposisikan produk-produk yang terbuat dari kapas Mesir sebagai yang terbaik di dunia.
  • Miniatur Sphinx dan Pyramid: Tahukah Anda bahwa di Mesir terdapat Tujuh Keajaiban Dunia, yaitu Sphinx dan Pyramida. Karenanya jangan sampai terlewatkan untuk membeli miniatur ini sebagai pajangan di rumah atau kantor Anda.

Baca Juga: Holy Land Tours

2. Oleh-Oleh & Souvenir Khas Israel

Israel yaitu sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Sebagai negara destinasi utama ziarah bagi umat Kristiani di dunia, tentunya Israel punya oleh-oleh atau cendera mata yang dapat dibawa pulang oleh wisatawan. Apalagi tidak semua wisatawan dengan mudah dapat masuk ke negara Israel mengingat tidak semua negara memiliki relasi diplomatik dengan Israel. Maka dari itu tentunya oleh-oleh dari Israel akan benar-benar langka bagi wisatawan dari negara yang idak memiliki relasi diplomatik dengan Israel misalnya, Indonesia. Berikut sebagian oleh-oleh khas Israel yang dapat Anda bawa pulang:

  • Produk Laut Mati: Laut Mati yaitu danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. Di 417,5 m di bawah permukaan laut, yaitu spot terendah di permukaan bumi. Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati dikenal memiliki efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh, mineral yang terkandung di dalamnya rupanya bisa digunakan untuk memperbaiki kulit, melancarkan peredaran darah dan bisa membantu kesehatan. Hal ini telah lama dikenal oleh Raja Salomo, Cleopatra dan Herodes Agung sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk mendapatkan efek tersebut. Salah satu produk kecantikan yang patut dibawa pulang yaitu Ahava, yang dapat di beli ketika berada di Qumran. Ahava yaitu oleh-oleh khas Israel yang tidak boleh dilewatkan.
  • Roti & Permen: Untuk roti, anda dapat segera mencobanya di sana. Kebanyakan roti di Israel dibuat tanpa menggunakan ragi. Roti yang terkenal bernama roti Yerusalem. Sedangkan untuk permen anda dapat membeli Permen Gelo yang tidak dijual di negara lain juga jangan ketinggalan anda dapat membawa pulang Kacang Goliath, kacangnya sebesar Goliath loh!
  • Aksesoris Rohani: Anda dapat berbelanja aksesoris dan kebutuhan Rohani seperti Minyak Urapan, Rosario dari Kayu Zaitun dsb.
  • Bintang Daud: Tidak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Tanah Perjanjian tetapi tidak membawa bintang daud. Perhiasan ini terdapat dalam berbagai variasi seperti, liontin, cincin, serta jam tangan. Materialnya mulai dari besi umum sampai emas putih lapis berlian. Untuk harganya bervariasi, mulai dari USD 5 sampai USD 1.000.000, tergantung dari bahan pembuatnya.
  • Minyak Zaitun: Tidak lengkap rasanya jika sudah tour ke Israel tetapi tidak membawa pulang minyak zaitun dari salah satu negara produsen minyak zaitun terbaik di dunia. Anda dapat membeli macam-macam minyak zaitun yang khusus oles dan pijet dan juga ada baiknya anda juga membeli Minyak Zaitun yang bisa diminum mengingat khasiatnya yang benar-benar baik untuk tubuh.
  • Berlian: Yang satu ini mungkin banyak dari Anda yang belum mengenal seandainya Israel memiliki tempat pemotongan berlian terbaik di dunia. Anda bisa membeli berlian langsung dari tempat pemotongannya apabila Anda berminat. Salah satu daerah yang paling sering kali dikunjungi oleh traveler yaitu NDJ (National Diamond Jewelry) di Tiberias dan Caprice di Yerusalem.
  • Anggur Kana (Cana Wine): Salah satu oleh-oleh khas dari Israel yang paling diminati yaitu Anggur Cana selain minyak zaitun yang telah mendunia. Anggur Cana bisa kita dapat dan dibeli di Cana, sebuah kota kecil di sebelah Utara Israel dapat dicapai melalui perjalanan sekitar 2 jam dari Yerusalem. Ada 3 (tiga) tipe Anggur Cana yang akan ditawarkan di toko tempat berbelanja, namun yang paling diminati yaitu tipe King David sebab rasanya yang kuat tetapi harga juga mahal.
  • Kurma Jericho: Tahukah Anda bahwa di Yerikho tumbuh kurang lebih 70 tipe pohon kurma. Kurma yang paling sedap yaitu Kurma Medjool, dapat tahan sampai 2 tahun lamanya. Konon ada informasi bahwa kurma Jericho yaitu kurma yang paling sedap di dunia, padahal Kota Yerikho bukanlah penghasil kurma terbanyak di dunia.
  • Tas Kulit Unta: Kembali ke Yerikho. Selain penghasil kurma Medjool, kota ini juga kaya akan kerajinan kulit unta. Banyak macam kerajinan yang dibuat memakai kulit binatang yang mirip dengan jerapah ini, salah satunya yaitu tas. Tetapi kekurangan dari kulit unta ini yaitu, tekstur kulitnya yang mudah robek. Jadi lebih cocok dijadikan pajangan ketimbang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Oleh-Oleh & Souvenir Khas Yordania

Yordania, atau nama resminya Kerajaan Hasyimiyah Yordania yaitu sebuah kerajaan di Tepi Barat Sungai Yordan. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur-laut, Suriah di utara dan Tepi Barat dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Lebih dari setengah Yordania diliputi oleh Gurun Arab. Tetapi, bagia barat Yordania berupa hutan dan lahan layak tanam. Yordania yaitu bagian dari Bulan Sabit Subur. Ibu kota dan sentra pemerintahannya yaitu Amman.

Berikut ini yaitu oleh-oleh khas Yordania yang bisa dibawa pulang ke Tanah Air:

  • Barazek Cookies: Ini yaitu salah satu makanan kecil khas Jordania yang dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dan benar-benar mudah ditemukan di toko oleh-oleh khas Yordania.
  • Produk Laut Mati: jika anda tidak sempat membeli produk Laut Mati di Israel, anda tidak perlu cemas sebab di Yordania juga anda bisa dengan mudah menemukan produk Laut mati mengingat Laut Mati terbentang sepanjang 67 KM sepanjang perbatasan Israel dan Jordania.
  • Batu Perhiasan: Bagi para pria pasti menyenangi oleh-oleh yang satu ini. Ada dua tipe oleh-oleh dari batu adalah Batu Sutan Nait dan Batu Venturin yang memiliki warna yang cantik serta dipercaya memiliki kekuatan positif untuk batu Venturin.
  • Kesenian Mozaik: Tidak bisa dipungkiri bahwa warga Madaba (sebuah kawasan di barat Yordania), sudah terampil membuat lukisan mozaik yang berwarna-warna semenjak ribuan tahun yang lalu. Batu yang digunakan dalam memuat lukisan mosaik bukanlah dicat, tetapi mereka mencari batu berwarna ini di pegunungan lalu memotongnya kecil-kecil dengan cara yang hanya mereka sendiri yang bisa melakukannya.
  • Miniatur Petra: Seperti halnya Piramida di Mesir, Yordania mempunyai Petra yang merupakan salah satu Tujuh Keajaiban Dunia yang baru. Petra sendiri yaitu sebuah kota yang dibangun hanya dengan dipahat pada permulaan abad pertama.

Biasanya peziarah ke Israel (Holyland) akan bertanya, “Berapa uang saku yang diperlukan selama berziarah?”. Jawabannya yaitu “Tergantung dari apa yang akan Anda beli nantinya!” Umumnya jika Anda hanya membeli souvenir kecil-kecil saja, maka USD 500 per orang saja sudah cukup. Jika Anda ingin membeli sebagian besar dari oleh-oleh diatas, USD 1000 akan kurang, apalagi jika Anda mau memborong berlian Israel.

Itulah sebagian informasi oleh-oleh khas Israel, Mesir, dan Yordania yang bisa kami bagikan, semoga berguna dan jangan lupa berbijaksanalah dalam berbelanja supaya apa yang Anda belanjakan bisa menjadi berkat bagi negara tujuan dan Anda sendiri.

Simak Juga: Paket Tour Israel