alat potong kayu

 

Dalam dunia pertukangan kayu, alat potong kayu adalah perkakas penting. Mesin tadi bisa mendorong profesi ataupun produktifitas dari perusahaan mebel hal yang demikian.

Perlu dikenal sekiranya pembuatan meja, tempat duduk, dan lemari dapat memakan waktu yang cukup lama. Eksistensi alat atau mesin pemotong tadi bisa menghemat waktu serta menekan pengeluaran. Dengan mengaplikasikan mesin, cuma diperlukan satu atau dua orang sebagai operatornya.

Ada 6 tipe mesin potong kayu yang dibutuhkan, merupakan:

 

1. Mesin Ketam Kayu

Apa Anda pernah memperhatikan alat semacam penyerut besar yang digunakan tukang kayu? Alat Potong Kayu tipe tadi dinamakan mesin ketam kayu atau serut (planner). Dibandingi dengan mesin gergaji, alat ini masih terbilang manual dan telah digunakan semenjak zaman dulu.

Mesin ketam kayu berfungsi untuk menghaluskan komponen sisi dari kayu ataupun papan. Meskipun planner bertenaga listrik mempunyai empat mata kikir. Tugasnya ialah untuk menghaluskan empat sisi kayu secara berbarengan.

 

2. Mesin Gergaji

Anda pasti telah familier dengan alat bergerigi ini. Setidaknya diperlukan dua tipe mesin gergaji, adalah mesin gergaji belah dan mesin gergaji potong. Mesin gergaji belah mengaplikasikan mata pisau dengan format lingkaran yang berprofesi di dalam poros.

Alat ini digunakan untuk memebelah kayu log ataupun papan kayu lebar. Meskipun mesin gergaji potong mengaplikasikan besi berbentuk pita yang cukup fleksibel. Fungsinya ialah untuk memotong kayu ke dalam format yang lebih berjenis-jenis.

 

3. Mesin Profil Kayu

Cocok dengan namanya, Alat Potong Kayu tipe ini diaplikasikan untuk menghasilkan profil di komponen tepi kayu. Mesin profil kayu mengaplikasikan mata pisau dengan poros vertikal. Dalam posisi hal yang demikian, mesin ini bisa mengikis kayu dari komponen samping.

Kesudahannya cukup halus dan hampir sama dengan hasil dari mesin ketam kayu. Salah satu tipe Alat Potong Kayu ini biasanya digunakan dalam tahap akhir atau finishing dari produk mebel. Sehingga bisa kian memperhalus permukaan dari kayu hal yang demikian.

 

4. Mesin Bor

Seperti halnya mesin serut, mesin bor atau drilling juga telah diaplikasikan tukang kayu semenjak dulu. Alat potong kayu ini digunakan untuk membikin lubang sekrup, pen, ataupun dowel. Mesin bor lama lazimnya cuma dapat membikin lubang satu per satu.

Jadi, sekiranya Anda berkeinginan profesi kencang selesai, sebaiknya gunakan mesin bor modern. Alat Potong Kayu tipe ini mutakhir bisa membikin sebagian lubang pada media seperti kayu dalam waktu berbarengan. Sehingga Anda dapat menghemat waktu lebih banyak.

 

5. Mesin Amplas

Kecuali mesin profil kayu, amplas juga diaplikasikan pada tahap finishing produk kayu. Mesin amplas atau sandler digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu. Cara ini hakekatnya telah dilaksanakan semenjak zaman dulu secara manual.

Tapi kini, telah ada mesin amplas yang dapat membikin hal ini lebih tepat sasaran dan efisien. Mesin amplas akan menghaluskan kayu hingga tak ada serat yang tersisa. Alat ini masih mengaplikasikan kertas amplas yang dipadukan dengan mesin.

Baca Juga: mesin parut kelapa

 

6. Mesin Router

Sesungguhnya, mesin router punya kesamaan dengan mesin bor. Tapi, ada sebagian hal yang membedakan kedua mesin ini. Salah satunya ialah mata pisau pada mesin router yang punya fungsi lebih.

Mata pisau mesin router bisa menyusun ulir ataupun alur pada permukaan kayu. Kecuali itu, Alat Potong Kayu ini juga memiliki kecepatan yang lebih tinggi diperbandingkan dengan mesin bor. Sayangnya, ketajaman mesin router masih di bawah mesin bor.