Bentonit adalah jenis tanah liat yang memiliki kemampuan membengkak dan menjadi gel jika terdispersi dalam air yang digunakan dalam konstruksi terutama dalam pekerjaan penggalian dan pondasi. Kata Bentonite adalah toponim yang diambil dari sebuah tempat bernama Fort Benton di AS, di mana ia ditemukan sebagai bijih tanah liat.

Pentingnya Bentonit

Bentonit memiliki kepentingan komersial besar yang memiliki sifat pemutihan bawaan seperti bumi yang lebih penuh, oleh karena itu, bentonit juga dikenal sebagai lempung pemutih. Mengandung lebih dari 85% mineral tanah liat, montmorillonite, itu dianggap tanah liat plastik tinggi.

Pada dasarnya ada dua jenis bentonit, yaitu:

  • Jenis bengkak (atau natrium bentonit) dan
  • Tipe non-bengkak (atau kalsium bentonit)

Natrium bentonit biasanya disebut bentonit, sedangkan bentonit kalsium disebut tanah Fuller.

Kepentingan komersial bentonit lebih bergantung pada sifat fisikokimianya daripada komposisi kimianya.

Plastisitas dan pelumasan yang sangat baik, kekuatan ikatan kering yang tinggi, kekuatan geser dan tekan yang tinggi, permeabilitas rendah dan kompresibilitas rendah membuat bentonit layak secara komersial.

Bentonit dihargai dalam pengikatan pasir pengecoran, lumpur pengeboran, peletisasi bijih besi dan sebagai agen kedap air dan penyegel dalam pekerjaan teknik sipil. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang penggunaan Bentonit khususnya dalam konstruksi.

Baca Juga: Manufacturer Foundry Bentonite Indonesia

Penggunaan Bentonit dalam Konstruksi

Pengakuan bentonit sebagai elemen konstruksi penting masih dalam tahap laten, karena persentase pondasi dan kegiatan teknik sipil lainnya yang lumayan besar masih dilakukan tanpa menggunakan bentonit dan mengeluarkan biaya yang jauh lebih tinggi melalui penggunaan besi cor dari pelapis baja. Kesadaran tentang penggunaan bentonit dalam industri teknik sipil belum banyak berkembang.

Bentonit menemukan konstruksi penggunaannya sebagian besar dalam bentuk fluida (biasa disebut sebagai bubur bentonit) karena karakteristik reologisnya (yaitu perilaku mereka sebagai bubur bentonit ketika dicampur dengan air).

Lihat Juga: Produsen Bentonit Indonesia

Persiapan Bubur Bentonit

Bubur bentonit dibuat dengan tujuan untuk mencapai hidrasi bentonit yang maksimal, oleh karena itu bubuknya harus ditambahkan ke dalam air pencampur secara bertahap untuk memastikan bahwa semua partikel dibasahi dan tidak menggumpal menjadi bola yang terhidrasi sebagian.

Air bersih berkualitas yang dapat diminum dari sumber listrik harus digunakan dalam proses pencampuran untuk mencapai hasil terbaik. Jika ada keraguan tentang kualitas air, analisis kimia harus dilakukan untuk menentukan kesesuaiannya atau perlunya perlakuan kimiawi sebelum digunakan.

Air garam tidak boleh digunakan dalam pembuatan bubur bentonit karena tidak ada perawatan kimia sederhana yang tersedia untuk menghilangkan natrium klorida.

Bubur bentonit dapat dibuat dalam batch atau dalam proses berkelanjutan, tergantung pada jenis peralatan yang digunakan. Biasanya, bubuk bentonit ditambahkan melalui venturi-hopper sederhana atau langsung ke mixer geser tinggi.

Peralatan pencampur harus menghasilkan geser yang cukup untuk memastikan bahwa semua partikel bentonit individu tersebar dalam air pencampur. Jumlah bubuk bentonit yang akan ditambahkan ke air pencampur tergantung pada kualitas bentonit dan viskositas bubur yang diperlukan. Untuk sebagian besar aplikasi, konsentrasi antara 4% dan 6% berat adalah tipikal.

Baca Juga: Bentonite Indonesia

Fungsi dan Kegunaan Bubur Bentonit:

Bubur bentonit diketahui melakukan fungsi penting berikut:

a) Dukung penggalian dengan memberikan tekanan hidrostatik pada dindingnya yaitu untuk mencegah keruntuhan atau mempertahankan suatu area.

b) Tetap dalam penggalian, dan tidak mengalir ke dalam tanah sehingga bertindak sebagai sealant.

c) Tangguhkan detritus dan cegah lapisan lumpur menumpuk di dasar penggalian.

d) Tetap Insular dan non-reaktif dengan perpindahan yang bersih oleh beton, tanpa gangguan yang berarti dengan ikatan antara tulangan dan beton beton.

e) Pembersihan untuk menghilangkan detritus yang tersuspensi, dengan melewatkan saringan dan hidrosiklon, sebagai persiapan untuk digunakan kembali.

Tujuan utama dari spesifikasi bubur bentonit haruslah untuk memastikan bahwa bubur tersebut mampu memenuhi fungsi sebagai penahan, penyekat dan untuk tetap bersekat tanpa efek yang merusak pada tiang, dinding atau bentuk konstruksi lainnya.

Prospek Bentonit dalam Konstruksi

Industri bentonit diharapkan berkinerja lebih baik di tahun-tahun mendatang karena meningkatnya permintaan untuk klarifikasi minyak dan pekerjaan pondasi. Pasar terbesar untuk bentonit di Amerika Utara dan negara-negara Eropa adalah pengecoran, kotoran kucing, pelet bijih besi dan pengeboran, Aplikasi teknik sipil dan lingkungan, seperti tempat pembuangan sampah memerlukan bentonit untuk digunakan sebagai sealant dan pelumas.

Kunjungi Juga: Manufacturer Civil Engineering Bentonite Indonesia