gergaji mesin

 

Harga Genset Honda Silent – Banyak dari kita yang telah menggunakan gergaji mesin untuk memotong pohon atau benda lain. Namun, tidak banyak yang dari kita yang mengetahui apa itu gergaji mesin dan bagaimana sejarahnya. Untuk memperkaya pengetahuan Anda, berikut ini adalah ulasannya.

Apa itu Gergaji Mesin?

Gergaji mesin memiliki dua bagian utama: pisau gergaji yang dibentuk menjadi rantai, dibungkus dengan guide bar logam panjang, dan mesin bensin kecil (bensin) (kadang-kadang motor listrik digerakkan oleh kabel atau baterai). Rantai ini sedikit mirip rantai sepeda, berjalan di sekitar sprocket (roda gigi yang dirancang untuk memutar rantai) hanya dengan sekitar 30 atau lebih gigi tajam (terbuat dari paduan baja yang dikeraskan) yang dipasang di sekitarnya dalam interval. Di dalam mesin, ketika piston bergerak masuk dan keluar dari silinder, ia mendorong batang penghubung yang mengubah poros engkol. Poros engkol ini yang memutar roda gigi yang terhubung ke salah satu sproket tempat rantai dipasang – dan rantai berputar.

Sejarah Penemuan Gergaji Mesin

Paten paling awal untuk “gergaji mesin tanpa akhir” (Paten AS 780.476) diberikan kepada Samuel J. Bens dari San Francisco pada 17 Januari 1905, dan diajukan kira-kira 18 bulan sebelumnya pada bulan Juli 1903. Penemuan ini berawal dari Bens yang memperhatikan bagaimana gergaji itu bekerja dan belum menentukan sumber listrik yang bisa digunakan, kecuali seperti yang dicatat oleh Bens bahwa gergaji mesin memiliki “tenaga penggerak, seperti mesin uap, mesin gas, atau motor jenis apapun. Namun, sekitar 16 tahun kemudian, pada tahun 1921, ia mengajukan paten lain (nomor paten AS 1.617.565) untuk gergaji mesin portabel yang bertujuan menyediakan mesin yang sederhana, ringkas, tahan lama, dan efisien yang mampu dengan mudah ditangani oleh beberapa operator untuk dengan cepat memotong pohon terlepas dari posisinya, serta yang dapat dengan mudah dibawa dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga: https://www.teknikmart.com/pompa/pompa-irigasi.html

Itulah penjelasan mengenai apa itu gergaji mesin dan bagaimana sejarahnya. Untuk Anda yang ingin memperoleh gergaji mesin berkualitas, maka Anda dapat memperolehnya melalui teknikmart.com. Teknikmart.com sendiri adalah sebuah situs berbelanja mesin dan peralatan teknik secara online. Sebagai perusahaan penjualan online, Teknikmart berusaha memberikan pengalaman terbaik serta solusi terlengkap bagi semua kebutuhan perkakas Anda, baik untuk kebutuhan penunjang industri, rumah tangga, maupun hobi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui https://www.teknikmart.com/power-tools-dan-pengukuran/power-tools-listrik/bor-obeng-listrik.html.